Categories
Article

Serba 3 Hal Yang Harus Jadi Renungan Dalam Bisnis

Dalam berbisnis, ada tiga hal yang tidak boleh hilang dalam perbuatan, yaitu harapan keikhlasan dan kejujuran. Dari sana kita sadar bahwa ada tiga hal pula dalam hidup yang tidak pernah pasti, yaitu kekayaan, kejayaan serta mimpi.

Paling tidak ada tiga hal yang membentuk watak baik seseorang dalam berbisnis, yaitu komitmen, ketulusan, kerja keras. Setelah itu ada tiga hal yang membuat kita sukses, yaitu tekad, kemauan, fokus.

Jangan ego menjalin bisnis. Karena akan ada tiga hal yang dapat menghancurkan hidup seseorang, yaitu kemarahan, keangkuhan, serta dendam. Jika tidak mampu bengelola ego, maka akan ada tiga hal dalam hidup yang tidak akan pernah kembali, yaitu waktu, kata-kata, maupun kesempatan.

Hanya ada tiga hal yang paling berharga dalam hidup ini dan tidak bisa ditukar oleh hal apapun, yaitu kasih sayang, cinta, serta sedekah. Hanya itu yang membuat kita mampu bertahan saat kondisi apapun.

Dalam menentukan partner bisnis, jangan lupa tiga nasehat bijak oleh Umar Bin Khotab:

“Jangan katakan temanmu orang baik, sebelum engkau berjalan dengan dia.”

“Jangan katakan temanmu amanah, sebelum engkau berbisnis dengan dia.”

“Dan jangan katakan temanmu orang bijak, sebelum engkau berdebat atau diskusi dengan dia.”

Kejarlah duniamu seolah-olah engkau akan hidup selamanya. Tapi jangan lupa hanya tiga hal yang pasti di dunia ini, yaitu sakit, tua, serta kematian.

Dan ingat! Bahwa manusia paling sukses di dunia ini bukanlah manusia yang paling banyak bergelimangan harta maupun tahta. Akan tetapi, ketika engkau mati dalam keadaan khusnul khotimah, dan tak ada yang lainnya.

2 replies on “Serba 3 Hal Yang Harus Jadi Renungan Dalam Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *