Categories
Article

Di Manakah Bertemunya Mitra Dalam Bisnis Properti?

Bisnis properti semakin marak di kota-kota besar. Undangan menghadiri product knowledge semakin bertubi di sosial media. Baik bisnis property time share, konsep syariah, bahkan bisnis jadi developer tanpa modal. Hampir setiap hari Anda bisa melihat iklan bagaimana memulai bisnis itu. Pertemuan diadakan melalui videozoom.

Sebelum pandemi, biasanya acara begituan diseminarkan di hotel mewah. Acara gratis, makan siang gratis, tapi ikut programnya tetap saja harus bayar. Seminar pada umumnya dibuat untuk developer properti. Tapi banyak pula yang juga langsung membuat investor gathering dengan maksud mempertemukan antara developer pemula dengan investor.

Jika anda jeli menganalisa acara begituan, maka anda sudah bisa menangkap bahwa itu adalah tempat dimana bertemunya pemilik konsep dengan pemilik tanah, bahkan pemilik modal. Dan di sanalah muncul istilah bisnis properti tanpa uang, yang artinya bisa anda lakukan apabila anda memiliki konsepnya, ada investor, minimal punya partner pemilik lahan.

Di daerah memulai bisnis properti biasanya dengan cara bersilaturahmi. Saling share pengetahuan dalam obrolan. Investor sudah sangat percaya pada kehadiran Anda sebagai mitra penting. Anda juga sudah masuk dalam mailing list mereka dan pasti anda didatangi saat mereka membutuhkan. Anda bangga karena peluang bisnis melebar.

Persoalannya, Anda kaku dan kehilangan integritas untuk mengolah bisnis dengan bermitra. Konsep mitra adalah keputusan bersama, bukan keputusan sendiri. Terlalu banyak mendengar masukan, terlalu banyak pula isi kepala. Tapi yang kenyang hanya perut, isi kepala muntah, dan akhirnya kosong lagi.

Itulah sebabnya permintaan istri hampir sama dengan permintaan partner bisnis dalam properti. Apabila permintaan istri tidak dipenuhi, perkara jadi lebar ke mana-mana. Tapi ini bukan persoalan istri yang akan menjadi janda atau janda yang mau dijadikan istri. Ini adalah persoalan ide yang harus disatukan dalam bermitra. Karena mencari mitra berbeda dengan mencari janda.

Jual Rumah Pekanbaru

One reply on “Di Manakah Bertemunya Mitra Dalam Bisnis Properti?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *